Selasa, 18 Oktober 2016

Kumpulan Lagu/Musik Daerah Sumatera Barat Lengkap ( Indonesia )

Kumpulan Lagu/Musik Daerah Sumatera Barat Lengkap ( Indonesia )

Yapsss …
Kali ini saya akan membuat artikel tentang Kumpulan Lagu/Musik Daerah Sumatera Barat Lengkap ( Indonesia ).

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan beberapa pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai

Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer/terkenal dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

Fungsi lagu/musik Daerah itu sendiri adalah :
1. Sebagai Sarana Upacara Adat
2. Sebagai Pengiring Tarian
3. Sebagai Pengiring Pertunjukan
4. Sebagai Sarana Hiburan dan Pertunjukan 
5. Sebagai Media Komunikasi

Ciri-ciri lagu/musik daerah adalah :
1. Teks lagu daerah menggunakan bahasa dan dialek setempat.
2. Lagu daerah diwariskan secara turun-temurun dengan tradisi lisan. Walaupun ada lagu daerah yang tertulis, hal itu berfungsi hanya untuk kepentingan dokumentasi saja.
3. Lagu daerah pada umumnya tidak diketahui penulis atau penciptanya (anonim). Karena sifat lagu daerah adalah tidak menonjolkan ekspresi pribadi atau perorangan, tetapi pesan yang disampaikan adalah bersifat umum.
4. Lagu daerah pada umumnya memiliki susunan melodi dan syair yang sederhana. Beberapa lagu daerah hanya memiliki 2, 4 atau 8 bait saja. Ada juga lagu daerah yang menggunakan syair berbeda pada setiap perulangannya. Lagu daerah yang sederhana biasanya bisa dinyanyikan dengan baik oleh masyarakat dari etnis lagu daerah tersebut berasal.
5.Terkadang terdapat beberapa versi dari sebuah lagu di daerah berbeda dalam suatu etnis

Pada saat ini lagu daerah sudah sangat jarang di ketahui oleh remaja-remaja saat ini, Kumpulan Lagu/musik Daerah Sumatera Barat Lengkap ( Indonesia ) ini mungkin dapat membantu agar remaja masa kini dapat kembali melestarikan budaya indonesia agar budaya kita tidak di akui oleh negara lain.
 
Ini hanya beberapa Lagu Daerah Sumatera Barat dan mungkin masih banyak lagi yang saya belum ketahui, semoga bermanfaat :)

1. Ayam Dan Lapeh - Lirik Ayam Dan Lapeh

2. Kampuang Nan Jauh di Mato - Lirik Kampuang Nan Jauh di Mato

3. Badindin - Lirik Badindin

4. Malam Bainai -  Lirik Malam Bainai

5. Pulanglah Uda - Lirik Pulanglah Uda

6. Mudiak Arau - Lirik Mudiak Arau

7. Bapisah Bukannyo Bacarai - Lirik Bapisah Bukannyo Bacarai

8. Tak Tontong - Lirik Tak Tontong

9. Kambanglah Bungo - Lirik Kambanglah Bungo

10. Bareh Solok - Lirik Bareh Solok

11. Batang Hari - Lirik Batang Hari

12. Ampun Mandeh - Lirik Ampun Mandeh

13. Sapucuak Surek - Lirik Sapucuak Surek

14. Kasiah Tak Sampai - Lirik Kasiah Tak Sampai

15. Tinggalah Kampuang - Lirik Tinggalah Kampuang

16. Ubekan Denai - Lirik Ubekan Denai

17. Yo Nan Lamo - Lirik Yo Nan Lamo

18. Cogok Mancogok - Lirik Cogok Mancogok

19. Pasan Mandeh - Lirik Pasan Mandeh

20. Andam Oi - Lirik Andam Oi

21. Babendi Bendi - Lirik Babendi Bendi

22. Abak Jo Amak - Lirik Abak Jo Amak

23. Batu Tagak - Lirik Batu Tagak

24. Laruik Sanjo - Lirik Laruik Sanjo

25. Baralek Gadang - Lirik Baralek Gadang

26. Anak Sipasan - Lirik Anak Sipasan


Artikel ini tentang kumpulan lagu daerah indonesia, Lagu-lagu daerah indonesia, Lirik lagu daerah indonesia, Kumpulan lirik lagu daerah indonesia, Daftar lagu daerah indonesia, Kumpulan lagu daerah sumatera barat, lagu-lagu daerah sumatera barat, lirik lagu daerah sumatera barat, Beberepa lagu daerah asal sumatera barat, daftar lagu daerah indonesia, pengertian tentang lagu daerah, Kumpulan lagu daerah sumatera barat lengkap, lirik lagu daerah, Musik indonesia, budaya indonesia, lagu daerah indonesia, lagu daerah sumatera barat lengkap, lagu daerah sumatera barat, daftar lagu daerah indonesia, lagu kedaerahan, musik indonesia, Kumpulan Lagu Daerah Sumatera Barat Lengkap, kumpulan lagu daerah indonesia, rupa-rupa lagu daerah indonesia, Kumpulan lengkap lagu lagu daerah nusantara lengkap, apa yang di maksud dengan lagu daerah, apa saja lagu daerah sumatera barat, Judul lagu daerah indonesia, Judul lagu daerah sumatera barat, Kumpulan lagu daerah sumatera barat lengkap, Ragam lagu daerah indonesia, Ragam lagu daerah, Aneka lagu daerah indonesia, Aneka lagu daerah sumatera barat lengkap, Aneka lagu daerah sumatera barat, Kumpulan terlengkap lagu daerah, Lagu-lagu daerah, Kumpulan lirik lagu daerah sumatera barat, kumpulan lirik lagu, kumpulan lirik lagu daerah, Pengertian lagu tradisional, Fungsi musik daerah, Pengertian lagu wajib, sebutkan fungsi musik daerah, apa itu musik daerah, apa saja lagu daerah/musik asal sumatera barat, apa saja judul lagu daerah indonesia, apa itu lagu daerah, apa itu lagu daerah indonesia, ciri-ciri lagu daerah, Tujuan menyayikan lagu daerah, kumpulan lagu daerah indonesia, lirik lagu daerah indonesia, Kumpulan lagu daerah, lagu daerah indonesia lengkap, Lirik lagu daerah sumatera barat, daftar lagu daerah sumatera barat, Musik daerah sumatera barat, Lagu daerah sumatera barat yang terkenal, lagu daerah sumatera barat yang populer, daftar lagu daerah indonesia, kumpulan lagu daerah indonesia, Kumpulan Lagu/musik Daerah Sumatera Barat Lengkap ( Indonesia ), Daftar lagu daerah indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar