Jumat, 14 Oktober 2016

Kumpulan Lagu/Musik Daerah Jawa Timur Lengkap ( Indonesia )

Kumpulan Lagu/Musik Daerah Jawa Timur Lengkap ( Indonesia )


Yapsss …
Kali ini saya akan membuat artikel tentang Kumpulan Lagu/Musik Daerah Jawa Timur Lengkap ( Indonesia )

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 37.476.757 jiwa (2010).
Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat.
Jawa Timur dikenal sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia, dan memiliki signifikansi perekonomian yang cukup tinggi, yakni berkontribusi 14,85% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer/terkenal dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

Fungsi lagu/musik Daerah itu sendiri adalah : 
1. Sebagai Sarana Upacara Adat
2. Sebagai Pengiring Tarian
3. Sebagai Pengiring Pertunjukan
4. Sebagai Sarana Hiburan dan Pertunjukan
5. Sebagai Media Komunikasi 

Ciri-ciri lagu/musik daerah adalah : 
1. Teks lagu daerah menggunakan bahasa dan dialek setempat.
2. Lagu daerah diwariskan secara turun-temurun dengan tradisi lisan. Walaupun ada lagu daerah yang tertulis, hal itu berfungsi hanya untuk kepentingan dokumentasi saja.
3. Lagu daerah pada umumnya tidak diketahui penulis atau penciptanya (anonim). Karena sifat lagu daerah adalah tidak menonjolkan ekspresi pribadi atau perorangan, tetapi pesan yang disampaikan adalah bersifat umum.
4. Lagu daerah pada umumnya memiliki susunan melodi dan syair yang sederhana. Beberapa lagu daerah hanya memiliki 2, 4 atau 8 bait saja. Ada juga lagu daerah yang menggunakan syair berbeda pada setiap perulangannya. Lagu daerah yang sederhana biasanya bisa dinyanyikan dengan baik oleh masyarakat dari etnis lagu daerah tersebut berasal.
5.Terkadang terdapat beberapa versi dari sebuah lagu di daerah berbeda dalam suatu etnis

Pada saat ini lagu daerah sudah sangat jarang di ketahui oleh remaja-remaja saat ini, Kumpulan Lagu/musik Daerah Jawa Timur Lengkap ( Indonesia ) ini mungkin dapat membantu agar remaja masa kini dapat kembali melestarikan budaya indonesia agar budaya kita tidak di akui oleh negara lain.

Inilah beberapa Lagu Daerah Jawa Timur. Semoga Bermanfaat :)









Artikel ini tentang kumpulan lagu daerah indonesia, Lagu-lagu daerah indonesia, Lirik lagu daerah indonesia, Kumpulan lirik lagu daerah indonesia, Daftar lagu daerah indonesia, Kumpulan lagu daerah Jawa Timur, lagu-lagu daerah Jawa Timur, lirik lagu daerah Jawa Timur, Beberepa lagu daerah asal Jawa Timur, daftar lagu daerah indonesia, pengertian tentang lagu daerah, Kumpulan lagu daerah Jawa Timurlengkap, lirik lagu daerah, Musik indonesia, budaya indonesia, lagu daerah indonesia, lagu daerah  Jawa Timur lengkap, lagu daerah Jawa Timur, daftar lagu daerah indonesia, lagu kedaerahan, musik indonesia, Kumpulan Lagu Daerah Jawa TimurLengkap, kumpulan lagu daerah indonesia, rupa-rupa lagu daerah indonesia, Kumpulan lengkap lagu lagu daerah nusantara lengkap, apa yang di maksud dengan lagu daerah, apa saja lagu daerah Jawa Timur, Judul lagu daerah indonesia, Judul lagu daerah Jawa Timur, Kumpulan lagu daerah  Jawa Timur lengkap, Ragam lagu daerah indonesia, Ragam lagu daerah, Aneka lagu daerah indonesia, Aneka lagu daerah  Jawa Timur lengkap, Aneka lagu daerah , Kumpulan terlengkap lagu daerah, Lagu-lagu daerah, Pengertian lagu tradisional, Fungsi musik daerah, Pengertian lagu wajib, sebutkan fungsi musik daerah, apa itu musik daerah, apa saja lagu daerah/musik asal Jawa Timur, apa saja judul lagu daerah indonesia, apa itu lagu daerah, apa itu lagu daerah indonesia, ciri-ciri lagu daerah, Tujuan menyayikan lagu daerah, kumpulan lagu daerah indonesia, lirik lagu daerah indonesia, Kumpulan lagu daerah, lagu daerah indonesia lengkap, Lirik lagu daerah Jawa Timur, daftar lagu daerah Jawa Timur, Musik daerah Jawa Timur, Lagu daerah Jawa Timuryang terkenal, lagu daerah  Jawa Timur yang populer, daftar lagu daerah indonesia, kumpulan lagu daerah indonesia, Kumpulan Lagu/musik Daerah Sumatera Barat Lengkap ( Indonesia ), Daftar lagu daerah indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar